Langkah pertama adalah memberi warna pada objek yang akan di buat efek basah ( Puddle ) warna yang disarankan adalah seperti gambar dibawah karena untuk menghasilkan efek reflection yang bagus . warna usahakan abu abu tua , dan saya beri nama material ini puddle :)
Langkah kedua buka Material editor dan beri efek reflection, Klik kanan pada material -> Create layer -> reflection
Setelah jadi maka Klik huruf M seperti yang di tandai warna merah di gambar bawah ini.
Beri efek Reflection dengan tex Fresnell gunakan angka yang besar pada IOR dan Refract IOR untuk menghasilkan pantulan yang cukup disini saya gunakan angka 8 dan glosiness saya gunakan 0,9 agar pantulannya agak samar samar
Dibawah ini adalah point point yang diatur.
yang paling atas untuk mengatur reflection atau pantulan yang ditengah atau texture dari reflection adalah masukan gambar untuk memunculkan efek puddlenya gambarnya ada dibawah ini
Note : Memasukan gambarnya dengan menggunakan tex bitmap
Dan yang terakhir adalah yang di lingkari dibwah itu dimasukan dengan gambar dari material karena disini saya gunakan kayu maka saya masukan kayu Gambarnya ada dibawah ini
Note : Memasukan gambarnya dengan menggunakan tex bitmap
Dan coba dirender maka akan menghasilkan gambar seperti dibawah :)
NOTE : untuk mengatur besar kecilnya efek basah gunakan texture multiplier di bagian reflection
sekian dan terima kasih maaf jika tutorialnya agak membingungkan :v maaf baru belajar bikin tutorial. sumber didapat dari internet saya hanya menshare kembali saja :)
Baca juga Tutorial Lainnya :
2 komentar:
suwun
sankyuu
Posting Komentar